Cara Mengatasi Motor Yang Susah Hidup

Cara Mengatasi Motor Yang Susah hidup - Mungkin ketika ini Anda sedang menghadapi sebuah dilema pada sepeda motor Anda adalah motor susah untuk dihidupkan, terutama pada pagi hari. Masalah yang sedang Anda hadapi merupakan dilema umum yang sering terjadi pada sepeda motor, terutama pada sepeda motor yang kurang perawatan atau yang telah berusia tua. Bagi Anda yang telah memahami penyebab dari dilema tersebut, maka sanggup dengan gampang mengatasinya. Namun bagi yang belum memahami penyebab motor susah hidup, tentunya akan merasa kesulitan dan bingung, bagaimana cara memperbaikinya.

Sebenarnya untuk memperbaiki motor susah hidup sangat gampang sekali, Anda hanya perlu membawanya ke bengkel untuk diperbaiki. Namun kalau Anda ingin mencoba mengatasinya sendiri dan tentunya menghemat biaya yang harus Anda keluarkan untuk perbaikan, berikut ini langkah-langkah untuk mengatasi motor susah dihidupkan yang harus Anda lakukan :

1. Periksa Kondisi Busi
Lakukan investigasi pada penggalan pengapian, terutama pada busi. Busi sangat memegang peranan penting untuk pengapian, kalau api yang dikeluarkan busi tidak optimal, maka akan menganggu proses pengapian sehingga motor akan sulit dihidupkan. Untuk itu kalau busi sudah tidak layak pakai, maka Anda harus segera menggantinya. Jika busi terlihat kotor, Anda harus membersihkannya. Untuk membersihkan busi, silahkan baca artikel Cara Membersihkan Busi Dengan Benar yang ada di blog ini. Selain busi, lakukan juga investigasi terhadap komponen pengapian lainnya menyerupai Koil, CDI, Spul serta kabel-kabel khusus pengapian. Jika pada penggalan pengapian tidak ada masalah, maka lakukan investigasi pada kanal bensin ke karburator.

2. Periksa Saluran Bensin ke Karburator
Lakukan investigasi pada penggalan yang bekerjasama dengan pembakaran menyerupai kanal bensin ke karburator. Jika bensin yang mengalir ke karburator terganggu, maka kemungkinan ada kotoran yang menyumbat. Coba buka selang vakum kemudian bersihkan dengan memakai kawat kecil untuk mengangkat kotoran yang ada atau dengan cara ditiup-tiup supaya kotoran keluar. Jika fatwa bensin yang mengalir ke karburator lancar, selanjutnya periksa karburator. Mungkin karburator motor Anda kemasukan air atau jarum spuyernya tersumbat, selanjutnya lakukan service karburator. Jika selang vakum dan karburator tidak ada masalah, maka lakukan investigasi pada penggalan kompresi.

3. Periksa Kompresi
Untuk melaksanakan investigasi pada penggalan kompresi, silahkan buka busi motor Anda, selanjutnya coba tutup lubang daerah busi dengan memakai jari telunjuk kemudian starter atau kick starter motor Anda. Jika terasa ada tendangan kompresi yang kuat, maka pada penggalan ini tidak bermasalah. Namun kalau tendangan kompresi dirasakan lemah, maka hal itu membuktikan ada salah satu penggalan komponen dalam yang rusak. Biasanya hal ini disebabkan oleh stelan klep, klep bocor, atau piston ring yang lemah.

Bila dari ketiga langkah diatas belum bisa mengatasi dilema motor Anda yang susah dihidupkan, maka sebaiknya motor Anda dibawa ke bengkel untuk dilakukan investigasi lebih mendalam dan selanjutnya dilakukan perbaikan.

Itulah Cara Mengatasi Motor Yang Susah Hidup yang bisa Anda lakukan. Untuk perawatan atau service motor, jangan dilakukan di sembarang bengkel. Bawalah selalu motor Anda ke bengkel resmi yang sesuai dengan brand motor Anda. Semoga bermanfaat.